NEWS
DETAILS
Minggu, 13 Jun 2021 09:00 - Ikatan Motor Honda Makassar

Ban merupakan bagian motor yang sangat penting mendapat perhatian lebih, karena ban lah yang bersentuhan langsung dengan media aspal dan memegang peran penting menjaga kestabilan motor.Sering diangap sepele namun sedikit saja keliru dalam pemakian ban dapat mengaibatkan kecelakaan.

Sama seperti part lainnya, ban juga memiliki masa pemakaian. Lalu apa indikator ban sudah memasuki masa penggantia dan harus segera diganti ? Berikut ini adalah indiktor jangka pemakaian ban motor.

 

1. Ketahui TWI

 Tanda tanda ban sudah hars diganti adalah kedalaman ban sudah mencapai titik TWI (Tread Wear Indicatr). Apa itu TWI ? yang jelas TWI bukan Temn Wanita Idaman ya Bosis. Untuk melihat TWI lihat logo segitga di sidewal ban, nah disitu ada gambar segitiga.

Nah dari logo segitiga itu jika ditarik garis ke tenga ban, disana terlihat gundukan atau tonjolan di antara kembangan ban. Bila kebotakan ban sudah mulau menyentuh tonjolan atau gundukan itu mak ban sudah harus diganti.

 

2. Lubang Kelewat Besar

Salah satu tanda ban haru diganti yaitu jika ban bocor dengan dimensi yang cukup besar. Biasanya ban yang bocornya cukup besar sudah tidak bisa ditmbal. Seperti ban tubeless dalam satu lubang disumpel sera tapi masih bocor juga nah itu tandanya lubang sedah kelewat besar Brosis.

 

3. Sudah Ada Benjolan

Kalau sudah ada bisul di ban motor tentu saja keseimbangan motor sudah mulai terganggu, itu pasti sanga terasa. Termasuk kalau retak-reta berisiko ban pecah atau mudah kempes.

 

Sekarang coba perhatikan ban Brosis semua, apabila sudah ada 1 diantara ketiga indikator diatas berarti Brosis mestinya sudah mulai berfikir melakukan penggantian ban, biar tetap aman saat bermotor.

RELATED
NEWS