NEWS
DETAILS
Kamis, 14 Apr 2022 15:00 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Rantai motor merupakan salah satu komponen yang perlu mendapat perawatan rutin, karena fungsi rantai cukup vital, yakni untuk meneruskan tenaga yang disalurkan dari transmisi ke roda belakang.

Jika tidak dirawat, rantai motor akan cepat kering dan kendur, sehingga ketika motor dikendarai akan menimbulkan suara yang berisik. Jadi rantai motor harus terawat ya Brosis

Sebelum melangkah ke bagaimana cara merawat rantai motor, yang Brosis perlu ketahui dulu adalah rantai motor ternyata terbagi menjadi 2, yaitu rantai biasa dan rantai jenis O-ring.

Untuk jenis rantai biasa, proses perawatannya tergolong cukup mudah Brosis, karena rantai jenis ini hanya terdiri dari rangkaian logam-logam yang saling terhubung.

Sementara untuk rantai jenis O-Ring, pembersihannya harus hati-hati karena rantai jenis ini menggunakan material karet untuk menghubungkan antar mata rantai.

Yang kedua adalah memposisikan motor secara tegak lurus menggunakan standar tengah atau menggunakan paddock kalau motor Bros memiliki standar 2.

Tahap berikutnya adalah mengecek rantai motor dan sprocket gear. Beberapa detail yang perlu diperiksa adalah tingkat keausan mata rantai. Cara mengeceknya bisa dengan menggoyangkan rantai ke kanan-kiri, dan menariknya ke belakang. Jika rantai tersebut sangat kendur, berarti tandanya mulai aus.

Selain rantai, yang perlu diperiksa adalah sprocket gear. Sprocket gear yang aus bisa terlihat dari ciri-ciri mata gear yang mulai menajam. Jika ingin mengganti, disarankan mengganti rantai dan gear sekaligus.
Langkah keempat mulai memasuki proses pembersihan rantai. Caranya dengan menyemprotkan rantai dengan cairan penetran, atau jika tidak ada bisa menggunakan minyak tanah. Lalu diamkan beberapa saat.
Pastikan motor Brosis selalu dalam prima untuk menunjang aktivitas Brosis, namun jika di jalan Brosis mendapati kendala yang tidak terhindarkan, langsung saja hubungi Honda Care.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK