NEWS
DETAILS
Selasa, 03 Jan 2023 10:19 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Sebagai alat pelindung terpenting dalam berkendara motor, helm menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Helm motor memiliki berbagai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Pengendarapun seringkali “galau” memilih berbagai macam bentuk helm. Berbagai pertimbangan tentu membutuhkan kebijakan dalam memilih. Melalui artikel ini, diharapkan bisa mencerahkan Brosis dari “kegalauan” dalam memilih helm.

  1. Helm Full Face

    Helm full face dibentuk dengan struktur yang tak hanya melindungi bagian belakang kepala, helm ini juga menutup penuh bagian wajah dengan rangka bodi.
    Helm jenis ini menjadi wajib untuk di sirkuit dan dianjurkan bagi Brosis yang banyak menghabiskan waktu di jalan raya.
    Kelebihan helm ini adalah perlindungan maksimal yang juga bisa menjaga wajah tetap hangat ketika Brosis riding di musim hujan atau cuaca dingin. Namun kekurangannya adalah visor mudah berkabut dan area pandang yang lebih sempit.
     

  2. Helm Open Face

    Helm Open Face adalah desain paling dasar yang hingga hari ini masih bertahan. Perlindungan bagian wajah biasanya hanya diserahkan pada visor yang tidak mampu menolong banyak ketika terjadi benturan keras.
    Helm ini paling cocok untuk perjalanan singkat dengan kecepatan rendah dalam cuaca cerah. Helm ini juga cocok untuk pengendara motor dengan desain klasik.
     

  3. Helm Modular

    Helm modular menjadi jawaban bagi Brosis yang bingung diantara helm full face dan open face. Helm jenis ini mengakomodasi perlindungan seperti helm full face namun dengan akses keleluasaan layaknya open face.
     

Tak ada angka yang baku untuk persoalan harga dimasing masing tipe helm, tapi pada umumnya helm buatan produsen yang sudah terkenal cenderung berkualitas lebih baik karena pabrikan-pabrikan ini sudah melewati sertifikasi dan pengujian yang jelas.

RELATED
NEWS